Waspada !!! Bahaya Sering Telat Makan

Makan adalah kebutuhan pokok seseorang, apapun makanan pokoknya maka sebelum perut ini diisi dengna makanan maka akan mengakibatkan perut terasa lapar dan mengakibatkan berbagai macam hal, terutama rasa lelah yang bersangatan dan hilangnya semangat beraktivitas sehari-hari.
Waspada !!! Bahaya Sering Telat Makan
Jangankan untuk tidak makan dalam sehari semalam atau selama 24 jam, sering telat makan saja pada jadwal tertentu akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi tubuh dan kesehatan kita, untuk itu jika biasanya Anda makan pagi, maka meninggalkan makan pada pagi hari adalah hal yang tidak baik, begitu juga jika Anda biasa makan siang pukul 01.00, disaat Anda makan pada jam 02 atau jam 03 berarti Anda telat makan.

Terlalu sering telat makan akan mengakibatkan beberapa hal berikut ini :

1. Mudah Capek
Menurut Evelyn Tribole, penulis buku Eating on the Run, pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir. Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jika hal itu terjadi, maka Anda akan mengalami gampang capek dan mudah lelah. Badan letih dan lesu dan sering tidak semangat dalam menjalankan berbagai aktivitas. Penyebab ini terjadi adalah karena gula darah yang rendah akan mempengaruhi daya ingat, konsentrasi dan juga mempengaruhi kinerja fisik dan mental seseorang.

2. Metabolisme Melambat
Metabolisme tubuh dalam diri seseorang itu akan terus berjalan dan meskipun disaat kita dalam keadaan. Fungsi dari metabolisme dalam tubuh tersebut adalah untuk membakar kalori dalam tubuh dan mengubahnya menjadi tenaga ( energi ). Tingkat metabolisme ini ditunjang oleh seberapa besar asupan kalori masuk dalam tubuh.

Disaat kita telat makan, maka secara tidak disadari dan otomatis ini terjadi metabolisme dalam tubuh jadi melambat dalam menyimpan kalori dalam tubuh kita dan akibatnya adalah kita merasakan lemah dan tidak bertenaga, sehingga hal ini mengakibatkan berbagai aktivitas kita menjadi terganggu.

3.Tukak Lambung dan Radang Perut
Bahaya lainnya saat sering telat makan adalah munculnya tukak lambung atau peradangan pada lambung. Dalam hal ini, lambung yang terluka atau mengalami iritasi yang ditimbulkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung. Gejala yang terjadi, nyeri pada sampai pada ulu hati saat Anda makan.

4.Tanda stress
Nyeri pada perut dan sering melewatkan waktu makan bisa jadi tanda-tanda bahwa Anda mengalami stress. Hal ini dikarenakan, saat berhadapan dengan faktor stress secara fisik maupun mental, tubuh akan merespon dengan reaksi perlawanan alami. Seperti diungkapkan oleh Georgetown University Helath Education Services, bahwa bentuk-bentuknya bisa seperti lupa makan, sakit kepala, cemas dan mengalami keram perut.  

Jadi, bila Anda sering melupakan waktu makan, bisa jadi pertanda sedang mengalami stress. Untuk itu cobalah makan teratur, selain meningkatkan energi juga dapat meningkatkan energi positif. Stres dapat memicu berbagai penyakit lainnya, sehingga menyebabkan banyak hal yang merugikan diri kita sendiri, untuk itulah mulai hari ini jangan abaikan lagi sering telat makan. Cobalah untuk mengatur makan Anda pada waktunya yang tepat.

2 comments:

  1. Dulu karena aktivitas yang padat, saya sering banget telat makan, akibatnya sering sakit dan maag selalu kumat, bahkan pernah suatu hari ngalamin yang namanya maag kronis. Tapi alhamdulillah sekarang udah mulai gak telat makan lagi, gejala maag kronis dah gak muncul lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu masih bujangan ya mas, hehe...sekarang karena udah punya do'i gak telat makan lagi kan mas.

      Delete